Senin, 28 Februari 2011

Perempuan Terbaik di Dunia, Perempuan Terbaik dari Golongan Islam, dan Perempuan Terbaik Penghuni Surga

Khadijah sang istri Nabi Muhammad adalah perempuan terbaik dari golongan Islam, sebagaimana Maryam binti Imran menjadi perempuan terbaik dari golongan Nasrani. Ali bin abi Thalib pernah mendengar Rasulullah saw bersabda, "Perempuan terbaik dari golongan itu adalah Maryam binti Imran, dan perempuan terbaik dari golognan ini adalah Khadijah binti Khuwailid." (HR Bukhari dan Muslim)

Sebuah hadist diriwayatkan dari Anas bahwa Rasulullah saw bersabda, "Cukuplah bagimu empat perempuan terbaik di dunia, yaitu Maryam binti Imran, Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, dan Asiah, istri Fir'aun." (HR Ahmad, Abdurrazaq, Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Hakim)

Selain itu, khadijah juga termasuk salah satu di antara empat perempuan terbaik penghuni surga. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata bahwa suatu ketika, Rasulullah saw menggambar empat garis di atas tanah, lalu beliau bertanya, "Tahukah kalian apa ini?" Para sahabat menjawab, " Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu. Rasulullah saw lalu bersabda, "Sebaik-baik perempuan menghuni surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti Imran, dan Asiah istri Fir'aun."

Dan, masih banyak lagi hadits yang menerangkan tentang hal ini. Semua ahli hadits sepakat bahwa Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti Imran, dan Asiah istri Fir'aun, adalah perempuan paling utama dan paling mulia di seluruh alam. Namun, para ulama berselisih dalam menentukan yang paling utama dan yang paling mulia diantara mereka, dan cara mempertimbangkan untuk menilai keutamaan mereka masing-masing.

Nah, Khadijah adalah yang terbaik di golongan ini, jadi bagi para perempuan pelajarilah mengenai khadijah jika ingin menjadi perempuan yang baik, dan dipraktekkan apa yang telah ia lakukan. Manfaatkan buku dan internet sarana yang cukup murah dan luas, serta bertanya kepada yang lebih dulu mengetahui.

Dan bagi pria, mungkin perempuan yang mendekati Khadijah yang patut dicari, jika tidak ada yang sebaik Khadijah carilah yang terbaik.

Pasti yang jadi pertanyaan, bukankah jodoh itu takdir yang ditentukan Allah ?
Saya pernah mendengar cerita dari kakak kelas, kalau orang yang bunuh diri itu juga udah ditakdirin Allah, tetapi sebenarnya bunuh diri itu tidak baik. Namun, orang yang bunuh diri itu sebenarnya bisa merubah takdirnya. Kita harus ingat, ada takdir yang masih bisa kita ubah, jadi jangan hanya berpasrah.

Allah berfirman di dalam Al-Qur’an “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sehingga mereka mau merubah diri mereka sendiri.”

2 komentar: